Apa yang dimaksud dengan HVAC Sistem?

HVAC SISTEM

Apakah Sistem HVAC itu ? – Inisial HVAC adalah singkatan dari Heating untuk pemanas, Ventilasi dan Air Conditioner (penyejuk udara). HVAC merupakan gambaran yang menjelaskan fungsi dari sistem HVAC. Rancangan mekanisme sistem ini terutama sebagai upaya untuk mengendalikan kondisi lingkungan di dimana Anda bekerja.

Fungsi utama dari sistem HVAC

Sebuah sistem HVAC dirancang untuk mengontrol lingkungan di mana ia bekerja. Untuk mencapai ini dengan mengendalikan suhu ruangan melalui pemanasan dan pendinginan. Ini juga mengontrol tingkat kelembaban di lingkungan yang dengan mengontrol gerakan dan distribusi udara di dalam ruangan.

Sistem HVAC juga memastikan kebersihan udara di dalam lingkungan tersebut.

Jenis Sistem HVAC Tersedia

Tiga jenis utama dari sistem HVAC yang tersedia saat ini adalah:

  1. AC Split dan AC Window
  2. Paket Sistem Pemanas & Air Contioner
  3. Sistem AC Sentral

Bagaimana Sistem HVAC berfungsi ?

Tidak semua jenis sistem HVAC bekerja dengan cara yang sama. Beberapa lebih cepat daripada yang lain sementara yang lain melayani lingkungan yang lebih besar. Singkatnya, beberapa sistem HVAC lebih efektif daripada yang lain dalam situasi tertentu.

Berikut adalah perbedaan cara sistem HVAC berfungsi:

  • AC Split dan AC Window

Untuk AC Window, kipas meniup udara melalui kumparan. Hal ini meningkatkan bagaimana mereka memisahkan panas dan dingin. Panas akan hilang ke udara luar dengan memasukkan udara dingin ke dalam ruangan.

AC Split digunakan dalam area yang lebih besar dari AC Window. AC Split berfokus pada pemisahan dingin dari sisi panas dari sistem. Sisi dingin memiliki kumparan dingin dan katup ekspansi. Hal ini biasanya ditempatkan di dalam tungku atau bentuk lain dari pengendali udara. meniupkan udara di atas kumparan dan udara didinginkan didistribusikan ke berbagai ruangan di gedung melalui saluran udara.

  • Paket Sistem Pemanas & Air Contioner

Unit ini memberikan manfaat komplit dalam bahwa mereka memiliki alat pemanasan dan peralatan pendingin sekaligus. Pengguna dapat menempatkan mereka di kamar, di atap atau di kelas dekat dengan ruang pendingin.

Tidak seperti di sistem AC split, dimana unit pendingin dan panas terpisah, paket AC memiliki semua komponen dalam satu unit. Elemen-elemen ini memiliki kipas sentrifugal atau blower yang membantu mendistribusikan udara di seluruh elemen.

  • Sistem AC Sentral

Sebagian besar AC di bangunan tempat tinggal dalam bentuk sistem split – hanya lebih besar. Mereka memiliki kipas pendingin, koil kondensor dan kompresor ditempatkan di unit kondensasi terpisah. Evaporator coil biasanya dalam sebuah pengendali udara Unit (indoor) biasanya dipasang pada tungku. Ketika tungku adalah listrik, blower termasuk dalam sistem.

kompresor menggunakan listrik sebagai sumber tenaga untuk memompa refrigeran seluruh sistem mengumpulkan panas dalam ruangan dan mengeluarkannya dari rumah. Panas menghilang di luar ruangan dengan kumparan di unit kondensasi.

udara hangat di dalam ruangan akan ditiup melalui kumparan dalam ruangan (dingin) untuk menghilangkan uap air dan panas. Panas di transfer pesawat ke kumparan dan dengan demikian udara mendingin. Uap air mengembun pada kumparan (karena dingin) dan mengumpulkan di dalam panci tiriskan. udara keluar melalui saluran kondensat.

Panas, setelah mengalir ke koil evaporator, pompa di luar ruangan sementara udara sekarang didinginkan di dalam ruangan bersirkulasi melalui fan pada penangan udara. Oleh karena itu, suhu ruangan dipertahankan.

Cara Memilih Sistem HVAC yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Saat mencari untuk membeli sistem HVAC, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor untuk memastikan Anda memilih yang paling sesuai. Faktor-faktor ini meliputi:

  1. Usia dan ukuran rumah Anda.
  2. Jumlah ruangan yang Anda inginkan untuk ber-AC.
  3. Iklim lokal.
  4. Biaya utilitas di tingkat lokal dan regional.
  5. Jaminan yang tersedia.
  6. Jenis sistem yang sesuai dengan kebutuhan Anda paling baik.

Sistem HVAC memastikan pemeliharaan suhu dan kelembaban rumah Anda dengan cara ekonomi yang tidak hanya efektif namun juga menjaga lingkungan. Jika Anda berpikir rumah atau tempat kerja Anda membutuhkan AC, berkonsultasilah dengan insinyur HVAC untuk menentukan sistem yang terbaik untuk situasi Anda. Juga, pastikan Anda bekerja dengan hanya teknisi ahli saat membeli dan memasang sistem.