Cara Memilih Centrifuge Digital Berkualitas

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu centrifuge, kegunaannya serta jenis-jenisnya. Centrifuge merupakan peralatan yang amat dibutuhkan dalam memisahkan partikular padat yang ada dalam cairan. Pada umumnya, centrifuge akan digerakkan menggunakan motor listrik. Pada beberapa model lama di mana centrifuge berputar menggunakan tangan serta objek ditempatkan di rotasi sumbu yang tetap, kekuatan tegak lurus sumbu akan diterapkan. Centrifuge dapat diperoleh di distributor alat kesehatan. Tempat jual centrifuge digital juga bisa secara mudah kita temukan. Centrifuge digital ini terutama memiliki manfaat dari kemudahan pemakaian karena sudah menggunakan sistem digital.

jual centrifuge digital

Kegunaan dan Macam-macam Centrifuge

Sebelum membeli centrifuge di tempat jual centrifuge digital, ada baiknya kita simak apa saja kegunaan dari centrifuge serta macam-macamnya. Kegunaan centrifuge yang utama adalah memisahkan partikel padat yang berada di dalam cairan, sehingga alat ini memiliki manfaat besar dalam bidang kesehatan terutama dalam pemakaiannya di laboratorium. Sebagai contoh adalah, centrifuge dapat digunakan untuk memisahkan serum, pemeriksaan mikroskopis urine hingga pemeriksaan hematokrit. Untuk macam-macam centrifuge sendiri dibagi menjadi empat jenis. Pertama adalah general purpose centrifuge. Model ini memiliki bentkuk table top dan diletakkan di atas meja. Centrifuge ini dirancang khusus untuk memisahkan sampel urine, serum ataupun cairan lainnya dari bahan padat yang tak larut.

 

Kecepatannya adalah antara nol hingga tiga ribu rpm serta dapat menampung sampel sebanyak seratus mililiter. Di tempat jual centrifuge digital, kita juga bisa menemukan micro centrifuge. Jenis yang satu ini disebut juga sebagai micofuges yang dapat memutar microtubes pada kecepatan tinggi. Volumenya sendiri tergolong kecil, yakni antara nol koma lima sampai dengan dua milimeter saja. Ketiga ada speciality centrifuge. Centrifuge ini digunakan untuk berbagai keperluan yang spesifik. Termasuk di antaranya adalah blood bank centrifuges dan juga microhematokrit centrifuges. Alat ini dirancang khusus guna pemakaian yang lebih spesifik lagi di dalam laboratorium.

 

Blood bank centrifuge digunakan di laboratorium bank darah serta serologi. Centrifuge yang satu ini dirancang agar dapat memisahkan sampel serologi yang ada di dalam tabung. Kemudian ada lagi microhematokrit centrifuge. Centrifuge yang satu ini merupakan variasi dari jenis microcentrifuge dan bisa menampung sampel kapiler. Tujuannya adalah untuk mengukur volume hematokrit dalam jumlah kecil di dalam pack cell. Terakhir adalah centrifuge berkecepatan tinggi di tempat jual centrifuge digital. Disebut juga sebagai ultracentrifuge karena bisa berputar dengan kecepatan mencapai lima puluh ribu rpm bahkan lebih. Centrifuge juga turut dilengkapi menggunakan sistem pendinginan khusus agar sampel di dalamnya terjaga. Centrifuge berkecepatan tinggi ini umumnya akan digunakan di laboratorium penelitian.

 

Selain ultracentrifuge, yang termasuk ke dalam centrifuge berkecepatan tinggi berikutnya adalah refrigerated centrifuge. Kecepatannya dapat mencapai dua puluh ribu rpm. Sama seperti ultracentrifuge, refrigerated centrifuge juga dilengkapi sistem pendingin. Terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait pemakaian centrifuge. Pertama, alat ini harus diletakkan di posisi yang datar dengan air. Kedua, bersihkan dinding yang ada di bagian dalam menggunakan larutan antiseptik tiap minggu atau jika terdapat tumpahan dari tabung yang tumpah. Gunakan juga tabung yang ukurannya sesuai dengan tipe centrifuge. Beban harus seimbang sebelum menjalankan centrifuge dan pastikan penutup sudah terpasang baik sebelum menjalankannya. Demikian adalah informasi terkait jual centrifuge digital. Semoga bermanfaat terutama untuk keperluan laboratorium klinik ataupun penelitian.