Hal Hal Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Rafting ?

Ketika liburan tiba, pasti anda bingung igin berlibur kemana, dengan siapa ataupun tujuan nya kemana, ketika liburan akhir peka tiba biasanya yang suka main atau liburan pasti akan sibuk mempersipapkan jadwal akan pergi kemana ataupun dengan siapa?. beberapa waktu yang lalu saya dan teman – teman mencoba liburan yang anti mainstream atau jarang dilakukan oleh masyarakat maupun kebnayakan orang. Liburan apakah itu? Naik gunung kah, atau ke pantai, berkunjung ke coban ? tidak. Melainkan kita kali ini mencoba untuk berlibur dengan tema menaklukkan arus sungai yang ganas. Wahh pasti ngeri ya dari tema nya, hehe. Namun jangan kwatir, liburan satu ini dijamin tidak membuat anda takut ataupun setres.

Tentang Rafting / Arung Jeram

Liburan atau olahraga ini disebut juga Rafting atau arung jeram. Sedikit tentang arung jeram, olahraga ini adalah olahraga air yang sifatnya berkelompok maupun individu dengan permainan atau kegiatannya adalah menaklukan arus – arus sungai mulai dari yang biasa sampai sungai yang deras arusnya. Tapi jangan khawatir, Olahraga rafting ini akan dipandu oleh guide dan tim penyelamat ketika arung jeram. Dari garis start, anda akan di breafing atau di beri arahan, sambil memakai pelampung, helm dan dayung untuk alat raftingnya. Setelah breafing biasanya anda akan langsung dijelaskan secara teknis tapi santai, tentang bagaimana cara memegang dayung, sikap kita di saat sedang di perahu, dan kekompakan regu satu perahu. Disarankan jika anda membawa alat elektronik diamankan sendiri – sendiri ya, karena di tengah – tengah sungai tidak ada penitipan barang, hehe.

Yang perlu Dipersiapkan dan perjalanan Ketika Rafting

Nah kali ini kita ber Arung Jeram atau berolahraga air di Rafting Kasembon ya, rafting yang berada di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon. Nah setelah sampai basecamp kami disambut dengan welcome drink berupa teh botol, setelah istirahat kurang lebih 30 menit. Anda akan diarahkan menuju tempat pengambilan alat rafting seperti pelampung, dayung, dan helm. Setelah itu anda bisa berfoto bersama dengan background khas dari Kasembon.usai berfoto anda langsung di breafing oleh pemandu dan dijelaskan tentang tata cara rafting, sikap ketika boom, sampai keselamatan dan berdoa bersama. Setelah usai breafing kita akan langsung diarahkan menuju start point untuk bersiap memulai trip sungai seru. Sebelum masuk air pastinya perahu – perahu pasti akan dicek dan di pompa ulang supaya menghindari trouble ketika terkena batu atau pun masalah lainnya. Setelah itu kita akan dibentuk grup per perahu menjadi 5 orang, tujuannya supaya ramai dan bisa kompak.

Rafting pun mulai, kita akan melewati Boom pertama yang cukup menantang. Disini anda akan diuji, silahkan coba sendiri jika penasaran, setelah melewati boom kita akan melewati sungai yang berarus tenang hingga sedang sampai ada tempat istirahat di tengah – tengah pegarungan untuk menikmati jajanan khas desa dan minuman hangat yang sudah di siapkan. 15 menit kita menikmati sajian, lanjut kembali ke sungai dan mulai

Merasakan arus sungai yang mulai menampakkan keganasan dan keasyikannya. Dari sini adrenalin jiwa adventure kita akan diuji dengan melewati jeram jeram dan boom boom yang ekstrim, dijamin ketagihan deh. Sampai garis finish kita akan kembali ke basemcap dengan menggunakan shuttle pick up untuk membersihkan badan dan makan siang.

Nah itu tadi sedikit cerita dan persiapan perjalanan kita ketika rafting, di Malang pun banyak terdapat Tempat Wisata Rafting, sebut saja Pujon Rafting, Kaliwatu Rafting, Ndayung Rafting Malang, dan masih banyak lagi tempat – tempat rafting yang pastinya memiliki keunikan alam dan kelebihan tersendiri.