Keluhan yang Biasa Terjadi Pada Masa Kehamilan 2 Bulan

Berbagai perubahan jelas dirasakan oleh ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 7 bulan, yang mana ini merupakan fase awal untuk memasuki trimester akhir dari kehamilan. Secara fisik, perbuahan jelas terjadi. Perut ibu akan semakin membesar ketimbang 6 bulan sebelumnya yang sampai membuat ibu pun cukup sulit beraktivitas.

Sementara perubahan dalam hal psikis pada saat ibu sudah memasuki masa usia kehamilan 2 bulan ini adalah ibu akan mulai merasa cemas jelang menjumpai masa persalinan. Namun kondisi yang demikian tersebut masih dikatakan wajar saja terjadi karena juga ibu jelasnya ingin masa kehamilan hingga persalinan berjalan dengan lancar dan buah hati tercinta dapat lahir selamat dengan sempurna.

Keluhan yang Biasa Terjadi Pada Masa Kehamilan 2 Bulan

 

Keluhan yang Biasa Terjadi Pada Masa Kehamilan 2 Bulan

Perubahan-perubahan yang tersebut kerap kali membuat ibu di masa kehamilan 7 bulan mengalami beberapa keluhan. Seperti yang diketahui, keluhan umum yang dirasakan oleh ibu hamil antara lainnya adalah mual, muntah, kemudian perut bagian bawah yang membengkak, aerola yang berubah warna menjadi gelap, sampai juga dengan gangguan pada sistem pencernaan.

Keadaan yang demikian ini akan semakin mengalami peningkatan pada masa ibu hamil 2 bulan. Ketika usia kehamilan ibu sudah menginjak 2 bulan, ibu akan lebih kerap kali merasakan keluhan berupa terganggunya sistem pencernaan, dimana sistem pencernaan tidak teratur. Kemudian juga pada masa kehamilan 2 bulan ini ibu akan mengalami sesak nafas, sakit pada kakinya, kaki bengkak hingga juga pegal-pegal di bagian pundak dan pinggang.

Untuk gangguan pencernaan yang dialami ibu pada masa hamil 7 bulan ini dapat dikarenakan ibu yang dalam masa ibi mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Kemudian keluhan seperti sesak nafas sendiri dapat terjadi dikarenakan perut ibu hamil di usia 2 bulan yang semakin besar. Agar ibu dapat meminimalisir terjadinya keluhan-keluhan tersebut, penting untuk ibu selalu menjaga kesehatan kehamilannya.

Mulai dari minum air putih minimal 8 gelas sehari dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk menghindari gangguan pencernaan. Lalu hindari menggunakan pakaian terlalu ketat untuk menghindari terjadinya sesak nafas. Lakukan olahraga teratur yang ringan seperti senam ibu hamil, yoga ataupun jalan-jalan.

Cukupi juga kebutuhan istirahat dan satu lainnya yang tidak lupa penuhi asupan nutrisi selama masa kehamilan.