Pantai Siung, Surganya Para Pemanjat Tebing

Dikenal sebagai surganya pantai, Gunung Kidul memiliki berbagai macam pantai dengan keunikannya masing masing salah satunya adalah Pantai Siung. Jika Pantai Baron terkenal dengan sungai dan mercusuarnya, Pantai Klayar dengan tempat berselancarnya, Pantai Kukup dengan pemandangan ala Balinya maka Pantai Sundak merupakan pantai yang terkenal sebagai tempat terbaik bagi para pengemar kegiatan olahraga panjat tebing.

Dengan jarak sekitar 77 kilometer dari Kota Jogja, diperlukan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke pantai ini. Terletak di di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini telah menjadi tempat wisata alternatif bagi para wisatawan yang yang berasal dari Jogja maupun wisatawan yang datang dari luar Jogja. Karena lokasinya yang cukup terpencil, tidak banyak wisatawan yang datang ke pantai ini walaupun demikian setiap akhir pekan dan hari libur nasional pantai ini tetap dipenuhi oleh wisatawan seperti pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Nikmati wisata gunung kidul lainnya diberbagai wilayah di Jogja dengan memilih paket tour Jogja murah dan nikmati pemandangannya.

Yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah bukit-bukit karangnya yang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai. Karang-karang tersebut memiliki peran penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dengan pantai lain tapi juga menjadi dasar dari penamaan pantai. Nama Pantai Siung berasal dari sebuah karang yang menyerupai gigi kera atau siung wanara dan kemudian pantai ini diberi nama Pantai Siung.

Pada tahun 1989, rombongan pencinta alam dari Jepang yang sedang berkunjung ke Yogyakarta datang dan memanfaatkan tebing-tebing karang yang ada di kawasan sebelah barat pantai sebagai arena latian panjat tebing. Setelah itu, pada dekade 90-an di lokasi yang sama dilangsungkan sebuah kompetisi Asian Climbing Gathering yang memanfaatkan kembali dari keunikan tebing karang Pantai Siung sebagai arena perlombaan. Kini, sebanyak 250 jalur pemanjatan terdapat di Pantai Siung untuk memfasilitasi penggemar olahraga panjat tebing baik skala lokal maupun nasional.

Fasilitas di kawasan ini sangat lengkap, terdapat banyak toilet dan juga kamar mandi bagi para pengunjung. Terdapat pula ground camp yang mana bisa didirikan tenda-tenda dan api unggun untuk mengisi kegiatan di malam hari. Tempat ibadah dan juga warung-warung sederhana juga tersedia disini.