Penggunaan Alat Geolistrik untuk Survey Air Tanah

Kita mengetahui sebagian info umum mengenai fenomena gempa bumi. Gempa bumi di bagian keilmuan geofisika adalah fenomena karakter fisika bumi yang elastik. Atau bisa beralih bentuk. Dalam seri yang ke-2 ini, bakal dibicarakan bagaimana karakter fisika bumi yang lain, yakni kelistrikan, hingga bisa digunakan untuk bagian eksplorasi. Artikel ini mengulas teori-teori serta banyak hal mendasar dari geolistrik, https://jualalatgeolistrikmurah.blogspot.co.id silakan Anda lanjut ke link tersebut untuk lihat bagaimana aplikasi Geolistrik dalam eksplorasi sumber daya alam.

Batuan-batuan didalam bumi, serta sebagian material yang lain (umpamanya fluida, mineral, serta lain sebagainya) mempunyai resistivitas atau konduktivitas spesifik. Resistivitas yaitu ukuran bagaimana satu material mengalirkan aliran arus listrik. Batuan berpori dengan kandungan fluida yang berbentuk elektrolit umumnya mempunyai nilai resistivitas yang rendah, artinya batuan itu mempunyai kekuatan yang baik dalam mengalirkan aliran arus listrik atau batuan itu berbentuk konduktif. Distribusi resistivitas dibawah permukaan bumi didapat dari hasil perekaman lain mungkin di permukaan akibatnya karena ada arus listrik yang diinjeksikan kedalam bumi lewat satu elektroda. Gambar 1 berikut ini tunjukkan skematik simpel pengukuran geolistrik pada medium yang homogen.

Alat geolistrik

Aliran arus listrik jika memakai satu elektroda A sebagai sumber arus (a), aliran arus listrik oleh sepasang elektroda sumber AB serta penerima MN (b). (Sumber : Geoelectrical Methods – MØLLER et al)

Pengukuran geolistrik terkait erat dengan geometri susunan elektroda arus serta mungkin yang dipakai. Sebagian konfigurasi elektroda yang umum dipakai yaitu Schlumberger, Wenner, Dipole-dipole, serta Gradient Array. Perkiraan distribusi resistivitas dengan cara horizontal atau lateral dari data sekunder sangat mungkin untuk lakukan pengukuran geolistrik dengan tehnik sounding atau profiling. Geolistrik sounding atau Vertical Electrical Sounding adalah satu diantara tehnik geolistrik 1-Dimensi yang lihat pergantian nilai resistivitas yang beragam pada kedalaman di satu titik. Konfigurasi elektroda yang umum dipakai yaitu konfigurasi Schlumberger. Macam pergantian nilai resistivitas dengan cara lateral bisa diliat dengan cara pas dengan tehnik jual alat geolistrik profiling atau geolistrik 2-Dimensi.