Ular Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan

Bagi sebagian orang ular adalah hewan peliharaan yang lucu namun nyatanya hewan melata ini merupakan salah satu hewan berbahaya yang mampu mengancam nyawa manusia. Jangankan ular yang berukuran besar, ular dengan ukuran kecil dengan panjang kurang dari 30 cm juga mampu membunuh manusia hanya dengan bisa yang dimiliki. Terdapat beberapa ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan oleh manusia.

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata “ular terbesar di dunia”? Pasti banyak yang akan menganggap hal tersebut mengerikan, hal tersebut sangat wajar mengingat ukurannya cukup besar hingga memiliki panjang berpuluh-puluh meter. Jadi apa saja ular tersebut?

Phyton Guihua Sumatera

Ular phyton guihua merupakan salah satu ular yang memiliki habitat di wilayah Sumatera, Indonesia. Ular ini memiliki berat sekitar 447 kg dengan panjang hingga 15 meter. Ular terbesar di dunia ini memang ditangkap oleh beberapa orang dalam sebuah perburuan karena menganggap ular tersebut sudah mengganggu. Menurut penduduk sekitar, hewan melata tersebut telah memakan beberapa orang sehingga akhirnya diputuskan untuk dilakukan perburuan untuk menangkap ular tersebut.

Ular Anaconda Sungai Abuna

Ular terbesar kedua yang pernah ditemukan adalah ular Anaconda sungai Abuna Rio yang ada di Brazil. Ular yang satu ini memiliki panjang hingga 14 meter dengan bobot hingga lebih 300 kg. Hewan yang satu kadangkala menjadi buruan masyarakat sekitar karena sering mengganggu perahu penduduk yang melintasi sungai Amazon.

Ular boa atau ular titanoboa

Ular terbesar yang pernah ditemukan adalah ular boa. Ular tersebut memiliki panjang 13 meter dengan diameter sekitar 30 cm atau seukuran pinggul orang dewasa. Meski ular yang dipercaya merupakan ular terbesar yang sudah ada sejak 58 sampai 60 juta tahun yang lalu. Besar kemungkinan masih ada ular Boa lainnya yang memiliki ukuran lebih besar dan kini berada di hutan di bagian utara Kolombia.

Ular Anaconda Hijau

Ular terbesar selanjutnya memiliki panjang 12 meter dengan bobot mencapai 100 kg. meskipun lebih pendek dari dua ular sebelumnya namun ular yang satu ini mampu memangsa seekor kerbau dewasa dalam sekali makan. Ular yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di sungai Amazon di wilayah Amerika Selatan. Tidak hanya bisa memangsa kerbau, ular ini juga sering terlihat sedang memangsa buaya atau kura-kura yang ada di wilayah hutan basah tersebut.

Selain ke empat ular terbesar di dunia seperti di atas mungkin masih ada ular lain dengan ukuran lebih besar. Jadi, akan ada baiknya untuk lebih berhati-hati terlebih jika berkunjung ke lokasi rawan seperti hutan.