Wisata Bendungan Yang Ada Di Malang

Malang memiliki beberapa bendungan / waduk yang berdiri di penjuru malang raya. Selain itu bendungan di malang merupakan aliran terakhir dari sungai brantas sebelum ke muara pantai – pantai yang ada di malang selatan /, ada berbegai pemanfaatan bendungan salah satu yang sering kita temui yaitu dimanfaatkannya bendungan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA), selain sebagai pembangkit listrik bendungan juga berperan penting di kala musim kemarau tiba karena pada musim itu bendungan dimanfaatkan sebagai penyambung irigasi para petani yang kesulitan air. Selain sabagai penampung air dikala musim kemarau tiba, bendungan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang bisa membuat pemasukan warga sekitar bendungan. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang wisata bendungan yang ada di malang.

Bendungan Karang Kates

Bendungan karangkates merupaakn bendungan besar di jawa timur terletak di desa karangkates, kecamatan sumber pucung, kabupaten malang. Selain nama karang kates bendungan karang kates juga dikenal dengan nama bendungan ir.sutami. Bendungan ini dibangun pada tahun 1975 dan selesai pada tahun 1977 dengan menghabiskna dana sekitar Rp. 10 milyar lebih.

Pada pembangunan ini Pembangkit Listrik Tenaga Air telah menjadi tujuan utama dibangunnya bendungan, tetapi selain dibuat untuk PLTA tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pariwisata dan olahraga dari berbagi wisata lainnya dimalang yang sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti wahana olah raga, tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf. Bendungan ini berada di sisi selatan kota malang dengan jarak 35 km dari pusat kota malang, dan 15 km dari wana wisata gunung kawi.

Pada belakangan tahun lalau, air pada bendungan ini pernah mengalami keruh, hal itu disebabkan oleh limbah air cair dari tekstil maupun deterjen rumah tangga selain itu, juga disebabkan karena banyaknya sampah yang dibuang ke sungai yang mengalir ke bendungan karang kates. Untuk tiket masuk di bendungan kaarng kates ini berkisar sekitar Rp.2000,00 saja kamu sudah bisa menikmati keindahan bendungan karang kates.

Bendungan Selorejo

Setelah kita membahas bendunga karang kates yang berada di sisi selatan pusat kota malang, kini kita akan membahas bendungan selorejo yang berada di malang barat, lebih tepatnya berada di kecamatan ngantang kabupaten malang. Berada pada ketinggian 600 Mdpl waduk selorejo dikelilingi oleh gunugn – gunung besar yang ada di jawa timur mulai dari gunung kelud, arjuno, anjasmoro, dan gunung kawi. Kecamatan ngantang ini berbatasan langsung oleh kabupaten kediri dan di sebelah barat oleh kabupaten blitar, di sebelah barat tersebut terdapat makam dari trunojoyo yang merupakan pangeran dari mataram letak dari makam trunojoyo ini berada pada bukit selokurung yang membentengi daari utara ke selatan dan merupakan batas kabupaten malang dan blitar.

 

Masih sama dengan tujuan utama dari bendungan karang kates bendungan selorejo juga difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) selain sebagai PLTA bendungan selorejo juga dimanfaatkan sebagai wahana wisata yang terkenal dari wana wisata ini yaitu adanya pulau kecil yang berada di seberang, di namakan pulau jambu karena di dalam pulau tersebut terdapat perkebunan jambu yang amat luas, di dalam perkebunan jambu ini kamu bisa memtik jambu dengann sesuka hati dan membawanya pulang, untuk membawanya pulang dengan dihitung secara per kilo. Pemandangan pada waduk selorejo ngantang sangat menarik dan juga banyak spot memancing di sini.

 

Jadi wisata waduk di malang bisa menjadi wisata alternatif anda bukan .